UJI KOMPETENSI TUK SMK PELITA NUSANTARA BERSAMA LSP_P1 SMK YAYASAN PHARMASI 16-17 MARET 2023
Uji kompetensi merupakan proses penilaian secara teknis dan non teknis yang diselenggarakan oleh Direktorat sumber daya manusia dan organisasi. Tujuan …

Uji kompetensi merupakan proses penilaian secara teknis dan non teknis yang diselenggarakan oleh Direktorat sumber daya manusia dan organisasi. Tujuan diselenggarakan uji kompetensi adalah mengukur kompetensi atau kemampuan dari tendik yang akan diusulkan pada jabaran tertentu. Sedangkan Uji kompetensi KKNI Level II kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran dirancang untuk menguji  pengetahuan dan ketrampilan yang dapat selama pembelajaran dikelas kemudian diaplikasikan dengan menggunakan metoda praktek , tertulis, lisan, observasi yang andal dan objektif, serta berdasarkan konsisten dengan skema sertifikasi. rancangan persyaratan uji kompetensi menjamin setiap hasil uji dapat dibandingkan satu sama lain, baik dalam hal muatan maupun tingkat kesulitan, termasuk keputusan yang sah untuk kelulusan atau ketidaklulusan. Uji kompetensi dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) terverifikasi.

Pada hari Kamis dan Jumat tanggal 16 – 17 Maret 2023 TUK SMK Pelita Nusantara 1 selaku jejaring LSP_P1 SMK Yayasan Pharmasi  melakukan Uji kompetensi dimana sebelumnya TUK Pelita Nusantara sudah melakukan MoU, diikuti  sembilan belas  assesi dengan Asesor Lis Setyowat, SE, dan ,menggunakan tiga kluster yaitu Kasir, Pramuniaga dan Operasional Pemasaran Produk dan Jasa yang dirangkum menjadi skema KKNI Level II kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran meliputi mempersiapkan diri untuk bekerja, berkomunikasi dengan target pelanggan,  mengidentifikasi respon pelanggan, melaksanakan pelayanan pelanggan, melakukan konfirmasi keputusan pelanggan, mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan,  melakukan transaksi penjualan dengan pelanggan anggota melaksanakan dan menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan aupun non anggota, melakukan penyerahan produk, melakukan proses administrasi transaksi, melakukan proses administrasi pengelolaan produk, menemukan peluang baru darii pelanggan melakukan stock opname, menata produk, melakukan rencana pembelian produk, mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan, melaksanakan komunikasi efektif, melaksanakan penulisan bisnis (business writing), melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial, melaksanakan keterampilan penjualan, menyusun rencana aktifitas penjualan, mewujudkan kepuasan pelanggan, memberdayakan media Sosial untuk menarik pelanggan ritel,m elakukan aktivitas pemasaran digital untuk bisnis, menentukan aplikasi perdagangan daring (e-commerce) untuk meningkatkan penjualan dan layanan ritel. Uji kompetensi ini dilaksanakan bahan evaluasi terhadap kemampuan kompetensi keahlian dari masing-masing siswa, serta sebagai bekal mereka dalam menghadapi dunia kerja. Alhamdulillah kesembilanbelas assesi SMK Pelita Nusanatara dinyatakan kompeten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *