UJI KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK) FARMASI KLINIS DAN KOMUNITAS SMK SEMANGAT PAGI KLATEN
Berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2022/2023, bahwa Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah asesmen terhadap …

Berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2022/2023, bahwa Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah asesmen terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia kerja di akhir masa studi atau Lembaga Sertifikasi Profesi dengan memperhatikan paspor keterampilan (skill passport) dan/atau portofolio untuk menentukan seseorang kompeten atau belum kompeten pada standar kompetensi atau kualifikasi tertentu. Adapun tujuan  pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah  untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh dan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi, mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan mendorong kerja sama SMK dengan dunia kerja dalam rangka pelaksanaan UKK sesuai kebutuhan dunia kerja.            

Dalam rangka Uji Kompetensi Keahlian tahun pelajaran 2022/2023 ini SMK Semangat Pagi Klaten menyelenggarakan UKK bersama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Yayasan Pharmasi Semarang yang berada dibawah BNSP. Penyelenggaraan Uji Kompetensi ini bertempat di TUK SMK Semangat Pagi yang telah diakui memenuhi syarat sebagai tempat penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas. SMK Semangat Pagi Klaten menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas dengan peserta sejumlah 5 orang peserta. LSP SMK Yayasan Pharmasi menugaskan satu orang asesor dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian SMK Semangat Pagi yang diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2023 tersebut. Pada kesempatan tersebut hadir juga satu orang perwakilan IDUKA yang ikut menyaksikan penyelenggaraan Uji Kompetensi di SMK Semangat Pagi Klaten. Semoga siswa/i lulusan SMK Semangat pagi menjadi lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di dunia kerja saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *