Serba Serbi UKK (Uji Kompetensi Keahlian) SMK Yayasan Pharmasi Tahun 2022
Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara …

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) pada KKNI. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu. Soal UKK dapat berbentuk penugasan atau bentuk lain yang dinilai secara individual untuk membuat suatu produk/ketrampilan sesuai tuntutan standar kompeteni.

Adapun tujuan dari Uji Kompetensi Keahlian adalah dapat mengukur pencapaian peserta didik yang menyelesaikan masa pendidikannya. memfasilitasi peserta didik dengan sertifikasi lengkap guna membantu mereka berkompetisi di dunia kerja.

Pelaksanaan UKK kali ini SMK Yayasan Pharmasi bersama LSP P1 SMK Yayasan Pharmasi Semarang dengan rangkaian jadwal sebagai berikut :

  1. Pembuatan materi MUK masing masing TUK ( Farmasi Klinis dan Komunitas, Bisnis Daring dan Pemasaran serta Kimia Industri)
  • Senin, 10 Oktober 2022 verifikasi dari masing masing TUK ( Farmasi Klinis dan Komunitas, Bisnis Daring dan Pemasaran serta Kimia Industri )
  • Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian :
  • Kompetensi keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas

dilaksanakan pada tanggal   24-26 Oktober 2022 dengan 172 asesi menggunakan  Skema KKNI level II bidang Farmasi dan di uji oleh 5 ( lima ) asesor  meliputi apt. Suciati, S.Si, apt. Th. Hetty Nurwidayati S.Si, apt. Erlien Lusy W, M.Sc, apt. Desi Rahayu Suwarganingurip, S.Farm dan apt. Rahma Inayati, S.Farm.  

  • Kompetensi Keahlian Bisnis daring dan Pemasaran

dilaksanakan pada tanggal 24-25, 28-29 Oktober 2022 dengan 33 asesi menggunakan Skema KKNI level II bidang Bisnis Daring dan Pemasaran meliputi 3 ( tiga ) Kluster, Kasir, Pramuniaga dan Operasional Pemasaran Produk dan jasa, diuji oleh 2 ( dua ) asesor yakni Lis Setyowati, SE dan A. Baskoro Hidayatullah, S.Pd., M.Pd

  • Kompetensi Keahlian Kimia Industri

Dilaksanakan pada tanggal 24-27 Oktober 2022 dengan 32 asesi menggunakan Skema KKNI level II bidang Kimia Industri meliputi 4 ( empat ) kluster Pengoperasian peralatan grinding dan sizing, pengoperasian peralatan absorpsi adsorpsi dan penukaran ion sederahana, pengoperasian peralatan ekstraksi dan destilasi serta pengoperasian evaporator dan filtrasi dan diuji oleh 3 ( tiga ) asesor Rahayu Wahananingtyas, S.Pd.,M.Pd, Ahmad Syah Ronie, ST, M.Pd dan Ika Purwati, SSi

  • Rapat Pleno dilaksanakan pada hari Jumat, 11 November 2022 bersama ke 3 ( tiga ) TUK dan dinyatakan kompeten semua (Farmasi Klinis dan Komunitas 172 asesi, Bisnis Daring dan Pemasaran 33 asesi, Kimia Industri 32 asesi)

Hasil dari Uji Kompetensi Keahlian semua siswa yang kompeten akan mendapatkan sertifikat Uji kompetensi Keahlian dari BNSP Pusat Jakarta. Terima kasih Salam sukses !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *